Monday, May 13, 2013

How To Be A Morning Person

Gue adalah tipe orang yang bakal uring-uringan kalo bangun tidurnya lewat dari jam 8 pagi, even itu pas lagi liburan sabtu minggu. Ada yang hilang rasanya pas bangun siang. Dan ini biasanya bakal berujung pada.. bete seharian. Kebalikan dari orang yang malah kesel banget kalo dibangunin pagi-pagi. Yah tipe yang suka temenan sama mas-mas penjaga kosan gituh, subuh baru tidur, bangunnya pas adzan dhuhur.

Pagi hari tuh buat gue sakral cuy. Waktu dimana gue bisa mengumpulkan segenap jiwa yang tercecer, secara perlahan-lahan. Seringkali gue menyempatkan diri untuk lari pagi demi masa depan yang lebih langsing. Gak ding. Gue emang suka aja lari pagi, rasanya dosa kalo seminggu gak lari sama sekali.

Temen-temen gue sering nanya gimana caranya biar bisa lari pagi. Mereka bilang mereka sesusah itu buat bangun pagi dan kalaupun udah bangun, magernya melebihi apapun yang ada di dunia ini. Nah mungkin bisa dicoba nih cara gue:
  1. Go to bed at 11pm or 12pm each night. Depends on your routine.
  2. Set the alarm at 5am. In a loud volume. Toss it away from your bed as far as you can. (literally toss it!)
  3. When you wake up, wash your face, brush your teeth, drink plenty of water.
  4. It's a perfect time to write a gratitude journal (I used to do this..) Or just perform a prayer.
  5. If you feel sleepy and tired, don't sit on the bed. Stand up. Strech your body. Do a set of push-ups and sit-ups.
  6. If you still feel sleepy and tired, hmm quickly slap your face until you are fully awake.
  7. Don't make excuses. Get off your ass and run!
(I draw this! haha)
Gimana hayo kalo tetep mager? Mungkin salah satu cara terbaik untuk mengalahkan kemageran tingkat akut adalah: Start from something really easy. Iya. Sesuatu yang sangat-sangat mudah dan mustahil untuk gak melakukannya. Contoh, malem sebelum tidur, niatin aja untuk bangun dulu jam 5. Titik. Kalau besoknya udah berhasil bangun jam 5, coba untuk melakukan step-step diatas. Misalnya udah sampe di step 3 tapi lo udah ga sanggup dan berakhir bobo nyenyak, well it's okay. Lo kan tadi diawal niatnya bangun jam 5, dan udah berhasil! Yeay! Besoknya sedikit demi sedikit tambahin deh tuh niat lo sampe bener-bener bisa melakukan semua stepnya dengan baik.

Cara ini gue yakini lebih berhasil dibandingkan ketika hari itu lo gagal untuk lari pagi, terus yang lo lakukan adalah lo malah balas dendam dengan berjanji sama diri sendiri bahwa besoknya selama tiga hari berturut-turut lo bakal lari pagi, titik. Bukan sebuah progress yang akan lo dapatkan, tapi sebuah penyiksaan yang bahkan mungkin lo ga akan pernah sanggup untuk melewatinya. So mulailah dengan sesuatu yang gampil, niat yang sepele, target yang feasible, kemudian baru dinaikin levelnya sedikit demi sedikit.

Selamat mencoba!


NB: Disarankan tips ini dicoba ketika gak lagi musim ujian atau musim nugas

No comments: